Serba-serbi Meditasi: Definisi, Manfaat, Jenis, dan Cara Melakukannya

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Meditasi adalah salah satu teknik atau praktik meningkatkan fokus yang sudah sejak dahulu dilakukan dan dikenal banyak orang.

Bukan hanya baik untuk kesehatan otak, meditasi juga dinilai sangat bermanfaat untuk keseluruhan kesehatan tubuh dan pikiran, lho.

Saat ini juga sudah banyak penelitian lanjutan tentang manfaat meditasi dan bagaimana cara kerjanya untuk tubuh kamu.

Agar mendapatkan manfaat meditasi secara maksimal, simak penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, manfaat untuk tubuh, hingga cara yang benar untuk melakukannya melalui artikel di bawah ini.

Definisi Meditasi

Definisi Meditasi - freepik.jpg

Dikutip dari Very Well Mind, meditasi adalah serangkaian teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran atau awareness serta memperbaiki perhatian juga fokus.

Gerakan meditasi juga terbilang sederhana, praktiknya dilakukan dengan memejamkan mata dan mengatur pernapasan dengan tujuan membuang emosi negatif.

Meditasi ini dilakukan dengan menggabungkan teknik fisik dan mental sehingga manfaat yang didapatkan juga lebih menyeluruh. Selain itu, meditasi juga terbukti bermanfaat untuk psychological well-being kamu.

Tergantung dengan tipe meditasi yang akan dipilih, kamu bisa melakukan meditasi untuk sekadar merasa lebih rileks, mengurangi kecemasan, bahkan mengurangi stres.

Meditasi juga banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan, contohnya sebagai salah satu cara adaptasi saat berusaha mengurangi/tidak merokok lagi.

Meditasi sering dikaitkan dan ditujukan untuk tujuan keagamaan. Beberapa agama yang sering menggunakan meditasi sebagai praktik keagamaan termasuk Budha, Hindu, Kristen, dan Islam.

Namun, apakah meditasi hanya praktik dengan tujuan keagamaan? Tentu tidak. Perkembangan zaman dan penelitian telah membuktikan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara mandiri bahkan tanpa dikaitkan dengan unsur keagamaan.

Cleveland Clinic menyebutkan bahwa teknik Modern diagnostic and imaging seperti Electroencephalography (EEG) dan functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) menunjukkan bahwa meditasi adalah teknik yang secara positif memengaruhi otak dan kesehatan mental kamu.

Manfaat Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengubah aliran kesadaran sehingga membantu mengubah bagaimana memandang dan menanggapi apa yang terjadi di sekitar kamu.

Dari beberapa studi atau penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa meditasi bisa memberikan manfaat baik secara fisiologis maupun psikologis.

Beberapa efek fisiologis termasuk mengurangi laju pernapasan, denyut jantung, perubahan pola gelombang otak hingga penurunan stres.

Selain itu, beberapa manfaat meditasi untuk kesehatan fisik adalah membantu mengatasi gejala pada kondisi tertentu, contohnya:

  • penyakit kardiovaskular seperti hipertensi
  • demensia dan penyakit Alzheimer
  • penyakit Parkinson
  • insomnia
  • ADHD
  • penyakit kronis.

Sementara dari segi psikologis, beberapa manfaatnya adalah:

  • membantu mengelola gejala kecemasan seperti gangguan sulit tidur dan depresi dengan lebih baik
  • manajemen stres yang lebih baik
  • menambah fokus dan perhatian serta mindfulness
  • peningkatan self-awareness
  • meningkatkan emotional well-being
  • menumbuhkan empati
  • meningkatkan ingatan dan kepintaran.

Tipe-tipe Meditasi

Tipe-tipe Meditasi - freepik.jpg

Berikut adalah tipe-tipe meditasi sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya masing-masing.

1. Meditasi Terfokus

Meditasi terfokus adalah tipe meditasi yang berfokus pada satu objek spesifik dan tidak menghiraukan objek lain yang ada di sekitarnya.

Tujuannya adalah untuk merasakan dengan jelas objek yang kamu fokuskan, misalnya fokus pada pernapasan, pemikiran, kata-kata, dan lainnya.

2. Meditasi Kesadaran

Meditasi kesadaran merupakan salah satu tipe meditasi yang menggabungkan mindfulness-based stress reduction (MBSR) dan mindfulness-based cognitive therapy (MBCT). Meditasi ini bisa menargetkan isu-isu yang berbeda sehingga fokusnya akan berbeda dari praktik satu dengan yang lain.

3. Meditasi Spesifik

Selain dua tipe meditasi umum di atas, ada juga meditasi spesifik seperti di bawah ini:

  • Meditasi pemindaian tubuh: dilakukan dengan memindai tubuh dan melihat respons fisik.
  • Meditasi pernapasan: berfokus pada beberapa teknik pernapasan.
  • Meditasi cinta-kasih: dilakukan dengan memfokuskan perhatian kepada sesuatu/seseorang yang kamu sayangi, diri kamu sendiri, dan pikiran-pikiran positif.
  • Meditasi mantra: meditasi mantra dilakukan dengan mengucapkan kata atau kalimat dalam pikiran kamu selama proses meditasi.
  • Meditasi gerakan: berfokus pada gerakan yang dilakukan oleh tubuh.
  • Meditasi fokus khusus: fokus kepada satu objek spesifik atau mental image saat melakukan meditasi.

Cara Melakukan Meditasi

Bagaimana melakukan meditasi yang benar? Walaupun ada beberapa tipe meditasi, kamu bisa belajar dasarnya terlebih dahulu sebagai pemula. Berikut adalah cara melakukan meditasi untuk kamu yang baru memulainya:

  1. Pilih tempat yang tenang dan bebas dari distraksi. Selain itu, matikan juga handphone, televisi, dan distraksi luar lainnya.
  2. Buat batas waktu. Untuk pemula, durasi 5-10 menit sudah cukup untuk kamu.
  3. Fokus dan dengarkan apa yang tubuh kamu rasakan, buat senyaman mungkin untuk waktu yang telah ditentukan.
  4. Fokus dengan pernapasan. Ambil napas yang dalam dan keluarkan secara perlahan.
  5. Rasakan dan terima pikiran-pikiran kamu. Tujuan dari meditasi bukan untuk 'membersihkan pikiran' tapi untuk memfokuskan pikiran dan menerimanya, bukan untuk menganalisis mereka. Fokuskan pada pikiran dan pernapasan yang kamu lakukan selama meditasi.

Kesimpulan

Itu dia pengertian dari meditasi dan manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental.

Sama halnya dengan olahraga rutin, melakukan meditasi secara rutin juga bisa membantu kamu mendapatkan banyaknya manfaat di atas, lho.

Imbangi olahraga teratur dengan meditasi, maka kesehatan tubuh dan mental pasti bisa kamu miliki. Untuk memulai menjaga kebugaran fisik, kamu bisa menjadi bagian dari FIT HUB dengan mendaftar free trial di sini.

Dapatkan akses kelas-kelas olahraga dan fasilitas terbaik hanya di FIT HUB!