15 Manfaat Minum Air Putih, Penting Buat Tubuh Kamu!

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Selain untuk mengatasi rasa haus, ada banyak manfaat minum air putih untuk menunjang kesehatan tubuh agar tetap berfungsi secara normal.

Supaya kamu tak lagi melewatkan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, ketahui dulu apa saja manfaatnya berikut ini. Yuk, baca rangkumannya di bawah ini hingga selesai!

Apa Saja Manfaat Minum Air Putih?

Konsumsi air yang direkomendasikan adalah 15,5 gelas atau 3,7 liter per hari untuk laki-laki, dan 11,5 gelas atau 2,7 liter per hari untuk perempuan.

Meskipun terdapat anjuran seberapa banyak air yang perlu kamu konsumsi setiap harinya, asupan air harian cukup bergantung pada kondisi masing-masing individu.

Banyaknya kebutuhan minum air juga ditentukan pada status kesehatan, suhu lingkungan, dan jenis perawatan yang sedang dijalani.

Lalu, apa saja manfaat minum air putih yang bisa kamu dapatkan?

1. Mengatur Suhu Tubuh

Mengatur Suhu Tubuh - freepik.jpg

Minum air putih yang cukup membantu suhu tubuh internal agar tetap stabil. Ketika kamu melakukan aktivitas fisik, tubuh kamu akan berkeringat sebagai mekanisme pendingin tubuh. Air yang kamu konsumsi adalah bahan dasar dari keringat, yang mana saat keringat menguap. Proses inilah membantu mendinginkan kulit dan menurunkan suhu internal tubuh.

2.Meningkatkan Performa Fisik

Semakin berat dan lama kamu berolahraga, tubuh kamu akan semakin membutuhkan cairan untuk tetap terhidrasi. Dengan minum air putih, kinerja fisik kamu akan meningkat, rasa kelelahan dapat berkurang, dan kram otot akibat aktivitas fisik dapat dicegah.

3. Meningkatkan Level Stamina

Semakin besar level stamina yang kamu miliki tentu semakin baik untuk fisik ketika berolahraga. Konsumsi air yang cukup akan meningkatkan sirkulasi dan pengiriman oksigen ke sel. Proses ini punya peran meningkatkan stamina dan melawan kelelahan yang kamu rasakan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Minum air putih saat atau setelah makan membantu tubuhmu memecah dan memproses makanan yang kamu konsumsi. Salah satu manfaat minum air putih yang cukup adalah untuk memudahkan organ pencernaan saat menyerap makanan. Selama proses ini, nutrisi dari makanan akan terserap oleh tubuh.

5. Mencegah Sembelit

Minum air putih yang cukup sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan dalam tubuh. Air yang kamu konsumsi membantu melembutkan atau melunakkan tinja. Kondisi tinja yang lembut akan lebih mudah untuk dikeluarkan, yang mana proses ini tentu membantu mencegah sembelit.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Air punya peran penting untuk ginjal agar tetap sehat. Ginjal sendiri berfungsi menyaring zat limbah dari darah dan mengeluarkannya melalui urin. Asupan air yang cukup membantu mengencerkan zat limbah yang diproses ginjal, sehingga memudahkan ginjal membuangnya secara efektif. Selain itu, konsumsi air putih turut membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Hidrasi yang cukup punya peran untuk mengencerkan konsentrasi mineral dan garam dalam urin.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minum air putih yang cukup bermanfaat untuk elastisitas kulit kamu. Orang yang minum banyak air putih cenderung tidak mengalami bekas luka, garis halus, kerutan, dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Konsumsi air putih juga membantu kulit kamu agar tetap terhidrasi. Asupan air yang cukup akan mencegah kulit kering dan bersisik.

8. Membantu Memanajemen Berat Badan

Membantu Memanajemen Berat Badan - freepik.jpg

Menurut riset dari PubMed, minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan bagi orang yang yang meiliki berat badan lebih atau obesitas. Minum air putih dapat membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh sehingga berat badan menurun. Air putih yang cukup di dalam tubuh akan merangsang sistem tubuhmu untuk menghanurkan lemak tanpa meningkatkan insulin atau gula darah.

9. Membuang Racun dalam Tubuh

Air putih punya manfaat penting untuk proses detoksifikasi tubuh kamu. Konsumsi air yang cukup membantu menghilangkan limbah dan racun dari tubuh. Sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi yang sehat membutuhkan air untuk mendorong nutrisi agar lebih mudah terserap ke dalam tubuh. Sementara itu, sisa-sisa zat limbah dan racun akan keluar melalui urin dan keringat.

10. Mencegah Sakit Kepala

Mencegah Sakit Kepala - freepik.jpg

Salah satu manfaat minum air putih selanjutnya adalah meningkatnya volume darah di dalam tubuh. Hal tersebut membantu meredakan sakit kepala akibat penyempitan pembuluh darah. Air putih juga membantu dehidrasi jaringan otak kita agar dapat mengurangi rasa sakit di kepala. Sebagai tambahan, minum air putih juga membantu kamu mengembalikan keseimbangan elektrolit. Elektrolit adalah suatu zat dalam tubuh yang dapat membantu mencegah sakit kepala akibat ketidakseimbangan mineral.

11. Mengurangi Nyeri Sendi

Ketika kamu berolahraga, air putih yang kamu konsumsi berfungsi sebagai pelumas sendi. Sehingga, nyeri sendi bisa berkurang selama dan setelah melakukan aktivitas fisik ketika berolahraga. Karena air punya fungsi untuk melumasi sendi, gesekan, nyeri, dan kekakuan pada sendi, sehingga mencegah nyeri.

12. Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Menjaga tubuhmu tetap terhidrasi akan membantu area sumsum tulang belakang tetap terlindungi. Air putih yang kamu konsumsi bertindak sebagai pelumas dan bantalan tulang sumsum tulang belakang. Kemampuan tulang belakang untuk menopang tubuh dan menyerap guncangan bergantung pada kadar air di dalamnya. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya.

13. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat minum air putih yang punya peran vital adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Bakteri dan racun yang menyebabkan infeksi dapat dinetralisir dengan minum air yang cukup. Dengan bantuan air putih yang kamu konsumsi, kamu akan menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh melalui oksigen dan nutrisi yang didistribusikan ke seluruh tubuh.

14. Mempertajam Fungsi Kognitif Otak

Otak kita terdiri dari 80% air. Jadi, minum air putih yang cukup akan membantu meningkatkan fungsi kognisi dan konsentrasi kita. Menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi juga meningkatkan oksigen dan aliran darah ke otak. Sehingga, kamu bisa menjaga fungsi memori pada otak agar berfungsi secara optimal.

15. Menciptakan Mood Positif

Hidrasi yang cukup punya korelasi dengan penciptaan suasana hati yang lebih baik. Proses ini dapat membantumu untuk menurunkan tingkat depresi dan stres. Air putih dapat menstimulasi aliran nutrisi dan hormon di tubuh kita. Salah satunya adalah hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati kamu menjadi bahagia.

Kesimpulan

Setelah mengetahui banyaknya manfaat minum air putih pada tubuh, alangkah baiknya jika kamu rutin minum air putih sesuai kondisi tubuh. Tidak hanya minum air putih saja, tubuhmu juga harus dilatih agar selalu dalam kondisi yang prima.

Yuk, gabung menjadi member di FIT HUB! Kamu bisa menghabiskan banyak waktu dengan mengikuti berbagai macam kelas olahraga atau latihan dengan bantuan personal trainer yang andal, lho! Tunggu apa lagi? Daftar free trial di FIT HUB sekarang!