12 Buah Rendah Kalori dan Tinggi Serat yang Baik untuk Bantu Diet

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Buah rendah kalori dan tinggi serat akan mendukung proses dietmu. Beberapa buah seperti apel, beri, dan pepaya, membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Buah-buahan dengan rendah kalori juga dapat menjadi pilihan camilan terbaik. Kandungan vitamin dan berbagai nutrisinya pun dapat cepat menurunkan berat badan dan terhidar dari penyakit seperti diabetes hingga tekanan darah tinggi.

Berikut adalah 12 buah rendah kalori yang dapat membantumu dapat asupan baik dan membantu diet.

12 Buah Rendah Kalori

1. Stroberi

Stroberi - freepik.jpg

Dalam 100 gram stroberi, kamu hanya akan mengonsumsi 32 kalori. Stroberi merupakan buah keluarga beri yang kaya akan antioksidan dan dipercaya dapat mencegah masalah kesehatan peredaran darah. Stroberi juga sumber vitamin A, B, C, dan E, serta mineral penting seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc.

Kamu dapat mengonsumsi stroberi dengan mencampurkannya dalam oatmeal untuk sarapan dan memblendernya menjadi smoothies.

2. Blueberry

Blueberry sendiri sudah lama dikenal sebagai buah diet. Dalam 100 gram blueberry, terdapat 60 kalori yang dilengkapi dengan serat dan vitamin C, A, D, dan B.

Sama seperti stroberi, dengan rutin mengonsumsi blueberry dan olahraga teratur, kamu dapat mencegah ragam penyakit seperti diabetes dan penyakit saraf. Kamu dapat mengonsumsi blueberry dengan oatmeal, sereal, dan yoghurt.

3. Anggur

Anggur dapat menjadi camilan enak untuk sehari-hari selama diet. Dalam 100 gram buah anggur, hanya ada 67 kalori yang akan kamu konsumsi. Anggur mengandung senyawa phenolic dan anthocyanins yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi inflamasi.

Dengan rutin mengonsumsi anggur, melansir Island Hospital, kamu juga dipercaya akan mencegah masalah pada peredaran darah, tekanan darah rendah, hingga kolesterol.

4. Apel

Apel - freepik.jpg

Setiap 100 gram apel hanya mengandung 52 kalori. Apel adalah sumber vitamin B, C, dan E, serta mineral seperti potassium, kalsium, magnesium, hingga zat besi.

Senyawa antioksidan dalam apel seperti polyphenols, catechin, dan quercetin, juga dipercaya dapat menurunkan kemungkinan kolesterol dalam tubuh. Apel dapat dikonsumsi sebagai camilan, jus, dicampur dengan oatmeal, hingga salad.

5. Jeruk

Jeruk adalah buah rendah kalori dengan kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Dalam setiap 100 gram jeruk terdapat kandungan 47 kalori.

Jeruk juga menjadi sumber vitamin A dan B, selain itu juga dipercaya mengandung antioksidan jenis carotenoids dan flavonoids yang dapat mencegah penyakit jantung dan obesitas. Tentunya harus dilengkapi dengan olahraga rutin, ya. Kamu dapat mengonsumsi jeruk sebagai camilan, jus, dan topping yoghurt.

6. Grapefruit

Grapefruit bisa jadi pilihan sarapan terbaik karena dapat meningkatkan imun tubuh, kesehatan kulit, dan antioksidan. Makanya, kamu dapat menjalani hari yang sibuk tanpa rasa khawatir.

Setiap 100 gram grapefruit mengandung 42 kalori dengan kandungan vitamin C tinggi. Beberapa studi juga menemukan bahwa grapefruit menurunkan kolesterol.

7. Semangka

Semangka - freepik.jpg

Buah rendah lemak dengan kadar air tinggi ini cocok disantap siang-siang. Dengan hanya kandungan 46 kalori tiap 100 gramnya, semangka dipercaya punya kandungan antioksidan yang penting untuk mencegah penyakit diabetes dan darah tinggi.

Semangka juga kaya akan vitamin C dan beta-carotene yang mendukung kesehatan kulit. Semangka dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, salad buah, hingga digabung dengan daging panggang (seperti nanas).

8. Pepaya

Pepaya adalah buah dengan serat tinggi yang hanya mengandung 32 kalori setiap 100 gramnya. Pepaya juga sumber vitamin A dan C, serta antioksidan lycopene, lutein, dan beta-carotene. Sehingga dengan rutin mengonsumsi pepaya, kamu dapat mencegah penyakit hati dan mata.

Lemak baik dan kandungan kolesterol yang rendah juga membuat pepaya baik untuk kesehatan jantung. Kamu dapat mengonsumsi pepaya dalam bentuk buah potong, salad buah, dan smoothies.

9. Nanas

Setiap 100 gram nanas, terdapat kandungan 50 kalori. Nanas adalah sumber vitamin C dan mineral manganese yang baik untuk kesehatan tulang dan otot.

Nanas juga mengandung potassium dan copper yang dapat meregulasi tekanan data dan detak jantung, hingga fungsi jantung secara menyeluruh. Kamu dapat menikmati nanas dalam bentuk buah potong, salad buah, smoothies, hingga pelengkap daging panggang.

10. Jambu

Jambu - freepik.jpg

Buah rendah kalori satu ini adalah sumber vitamin A, C, dan E yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, kesehatan mata, dan kulit. Setiap 100 gram jambu mengandung 68 kalori.

Kamu dapat mengonsumsi jambu sebagai campuran infuse water, buah potong, jus, topping salad, dan tambahan dalam yoghurt.

11. Sirsak

Hanya 66 kalori dalam setiap 100 gramnya, sirsak punya kandungan vitamin C tinggi, bahkan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu. Dengan rutin konsumsi sirsak, dipercaya akan dapat mencegah berbagai penyakit seperti kolesterol, darah tinggi, hingga diabetes. Sisak dapat dikonsumsi sebagai camilan segar, jus buah, eskrim, hingga salad buah.

12. Ceri

Mengutip Healthline, setiap 100 gram ceri, kamu hanya mengonsumsi sekitar 75 kalori. Ceri juga kaya akan vitamin C dan A, serta serat tinggi yang dapat membantu kamu kenyang lebih lama. Buah rendah kalori ini dapat dikonsumsi dalam bentuk salad buah, buah potong, dan dicampurkan dalam masakan berkuah seperti semur.

Kesimpulan

Itulah ragam buah rendah kalori yang dapat menjadi sumber nutrisi dan vitamin untuk melancarkan dietmu.

Selain buah-buahan rendah kalori, kamu juga harus melengkapi usaha dietmu dengan olahraga rutin, seperti latihan beban di gym.

Tertarik? Daftarkan dirimu dalam program free trial FIT HUB dan dapatkan panduan dari personal trainer serta membership consultant kami secara gratis!

Klaim free trial-mu sekarang dengan klik link ini.