Ketahui 11 Penyebab Sering Mengantuk yang Harus Diwaspadai

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Penyebab sering mengantuk bisa dipicu oleh berbagai faktor yang sering kali luput dari perhatian. Mulai dari pola tidur yang tidak teratur hingga masalah kesehatan tertentu.

Rasa kantuk berlebihan tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas.

Nah, dalam artikel ini, yuk kita cari tahu beberapa penyebab sering mengantuk yang perlu diwaspadai!

Apa Saja Penyebab Sering Mengantuk yang Harus Diwaspadai?

Apa Saja Penyebab Sering Mengantuk yang Harus Diwaspadai - freepik.jpg

Kamu perlu waspada jika mengalami beberapa penyebab sering mengantuk berikut ini:

1. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah kondisi di mana kamu bisa berhenti bernapas berulang kali saat tidur. Terdapat dua jenis sleep apnea yang perlu kamu ketahui.

Pertama, obstructive sleep apnea yang terjadi karena jaringan di belakang tenggorokan mengendur.

Kedua, central sleep apnea yang terjadi karena otak tidak mengirimkan sinyal yang tepat ke otot pernapasan.

Gejalanya mudah dikenali kok, seperti mendengkur keras, sering terengah-engah saat tidur, dan bangun dengan sakit kepala. Bahkan, kamu juga mungkin merasa kurang fokus dan mudah marah.

Penyebab mengantuk berlebihan ini bisa berbahaya kalau dibiarkan, karena bisa memicu masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

2. Sindrom Kaki Gelisah

Sindrom ini membuat kamu punya dorongan tak terkendali untuk menggerakkan kaki, di mana kondisi ini bisa terjadi karena kekurangan zat besi.

Meskipun belum ada jawaban pasti tentang penyebabnya, penelitian menunjukkan bahwa mengatur asupan zat besi sesuai kebutuhan bisa membantu mengurangi gejalanya.

3. Narkolepsi

Dikutip dari Medical News Today, narkolepsi adalah gangguan neurologis yang membuat otak kesulitan mengatur pola tidur dan bangun. Contohnya, kamu bisa tiba-tiba tertidur saat sedang ngobrol atau makan.

Menurut studi, wanita dan pria memiliki pengalaman berbeda dengan narkolepsi. Sekitar 44% wanita mengalami gejala karena gaya hidup dan hubungan pribadi, sementara pada pria angkanya mencapai 71%.

Untuk mengatasinya, 82,4% wanita memilih mengonsumsi kafein, sedangkan pria hanya 63,4%.

4. Depresi

Ternyata, penyebab sering mengantuk juga bisa berasal dari masalah mental. Dilansir dari Healthline, depresi bisa mengacaukan pola tidurmu.

Kamu mungkin tidur lebih banyak atau malah kurang yang ujung-ujungnya bikin mengantuk di siang hari.

Gejala depresi yang berkaitan dengan tidur bisa bermacam-macam. Beberapa orang mengalami insomnia, sementara yang lain malah tidur berlebihan.

Hal penting untuk diingat adalah perubahan pola tidur bisa jadi tanda awal depresi, jadi jangan ragu untuk mencari bantuan profesional, ya.

5. Efek Samping Obat-obatan

Ada beberapa obat yang bisa membuat ngantuk sebagai efek sampingnya.

Obat-obatan seperti antihistamin (untuk alergi), obat tekanan darah tinggi, antidepresan, obat anti mual (antiemetik), antipsikotik, obat epilepsi, dan obat anti kecemasan bisa menyebabkan kantuk berlebihan.

Kalau kamu merasa obat yang diminum mengganggu aktivitas karena bikin ngantuk, jangan langsung berhenti meminumnya.

Sebaiknya, konsultasikan dulu dengan dokter, karena mungkin dosisnya bisa disesuaikan atau diganti dengan alternatif lain.

6. Pola Makan yang Kurang Tepat

Nah, ini nih yang sering kita abaikan! Makan makanan tinggi lemak atau karbohidrat bisa bikin ngantuk karena tubuh lebih mudah melepas hormon yang memicu kantuk.

Begitu juga kalau kebanyakan minum kopi, malah bisa ganggu tidur malammu dan bikin ngantuk keesokan harinya.

Makanan pedas dalam porsi berlebihan juga bisa jadi masalah. Selain menyebabkan gangguan pencernaan, kamu mungkin jadi bolak-balik ke kamar mandi dan tidak bisa tidur nyenyak. Maka dari itu, penting untuk mengatur pola makan yang tepat.

7. Hipersomnia Idiopatik

Ini adalah kondisi di mana kamu merasa ngantuk berlebihan tanpa sebab yang jelas. Bahkan setelah tidur cukup dan tidur siang pun kantuknya tetap ada.

Berbeda dengan insomnia, penderita hipersomnia idiopatik justru bisa tidur cukup di malam hari, tapi tetap mengantuk berlebihan di siang hari.

8. Kurangnya Aktivitas Fisik

Jarang olahraga? Nah, ini bisa jadi penyebab kamu sering mengantuk! Tubuh yang kurang bergerak jadi lemas dan tidak berenergi. Oleh karena itu, cobalah untuk menyisihkan waktu untuk olahraga, ya.

Cukup dengan 30 menit melakukan aktivitas ringan setiap harinya, sudah bisa membantu menjaga tubuh tetap aktif dan mengurangi rasa kantuk.

9. Konsumsi Alkohol Sebelum Tidur

Meski alkohol bisa membuatmu cepat tidur, kualitas tidurnya jadi tidak bagus. Alkohol bisa membuatmu gelisah dan sulit tidur nyenyak.

Akibatnya, kamu akan lebih mudah terbangun di malam hari dan merasa ngantuk keesokan harinya saat beraktivitas.

10. Masalah Emosi yang Tak Terselesaikan

Stres karena tugas sekolah? Atau sedih karena masalah pribadi? Emosi seperti ini bisa mengganggu tidur malammu dan membuatmu ngantuk di siang hari.

Kondisi ini sering terjadi pada orang yang baru mengalami putus cinta atau kehilangan orang terkasih. Hal itu membuat pikiran dan hati jadi kacau dan bisa berdampak serius pada kualitas tidurmu.

11. Kebiasaan Begadang

Menurut penelitian, sekitar 10-20% orang mengalami kantuk berlebihan karena pola tidur yang tidak teratur. Apalagi kalau kamu sering begadang untuk main game atau nonton series!

Hal ini menjadi penyebab ngantuk yang paling umum dan paling sulit dihindari, terutama bagi kamu yang bekerja shift malam atau sering lembur. Lingkungan tempat tinggal yang tidak kondusif juga bisa memperburuk masalah ini.

Kapan Harus ke Dokter?

Kalau rasa kantuk berlebihan ini terjadi terus-menerus selama lebih dari tiga bulan, sebaiknya kamu periksakan diri ke dokter.

Terutama kalau kantuk sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, ya.

Tips Mengatasi Kantuk

Tips Mengatasi Kantuk - freepik.jpg

Sebelum masalahnya jadi serius, yuk coba tips sederhana ini:

  • Atur jadwal tidur yang teratur.
  • Olahraga ringan 30 menit setiap hari.
  • Hindari layar gadget sebelum tidur.
  • Perhatikan pola makan.
  • Kurangi konsumsi kafein di malam hari.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan berbagai penyebab sering mengantuk yang perlu diwaspadai?

Jika kantuk berlebihan berlangsung terus-menerus dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Untuk mencegah masalah kantuk yang berlebihan, penting untuk menjaga pola tidur yang teratur, berolahraga, mengatur pola makan, dan menghindari konsumsi kafein di malam hari.

Jaga kesehatan dan pola tidurmu ya, supaya bisa tetap produktif. Selain itu, menjaga tubuh tetap bugar juga penting, lho!

Yuk, daftar jadi member FIT HUB. Dengan fasilitas lengkap dan suasana yang nyaman, kamu bisa mencapai tubuh sehat yang diinginkan. Daftar sekarang dan rasakan perbedaannya!