9 Efek Buruk Begadang bagi Wanita dan Cara Menghindarinya

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Begadang memberikan efek buruk bagi wanita maupun pria. Namun, pada wanita, efeknya bisa memengaruhi siklus-siklus tubuh seperti menstruasi hingga menurunnya imunitas.

Begadang secara umum disebabkan oleh banyak hal, mulai dari keesokannya hari libur, merasa belum puas menonton di pagi hingga sore, lembur kerja, insomnia, hingga gangguan kecemasan. Begadang dapat menjadi salah satu pembawa penyakit, karena tubuhmu tidak punya cukup waktu untuk istirahat dan melakukan pemulihan sel-sel yang rusak.

Berikut adalah beberapa efek begadang bagi wanita dan cara menghindarinya.

Efek Begadang bagi Wanita

Efek Begadang bagi Wanita - freepik.jpg

Merangkum Vinmec, Sleep Foundation, dan Health, berikut adalah sembilan efek begadang bagi wanita.

1. Terganggunya siklus menstruasi

Saat tertidur, badan akan menyeimbangkan hormon dalam tubuh untuk menjaga kondisi sistem endokrin. Sistem ini bertugas sebagai penghubung antara organ dan kelenjar tubuh untuk mengontrol serta mengatur sistem metabolisme, energi, reproduksi, pertumbuhan, dan cara tubuh merespons luka, stres, hingga mood.

Apabila kamu begadang dan tetap bangun pagi, maka sistem tersebut akan terganggu dan salah satu efeknya pada siklus menstruasi. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi akibat terganggunya sistem endokrin dapat menyebabkan menstruasi kurang lancar hingga mengacaukan siklusnya.

2. Masalah pencernaan

Efek selanjutnya dari begadang, kurang tidur, dan sistem endokrin adalah masalah pencernaan. Sel-sel dalam perut akan beregenerasi dan memperbaiki diri selama kita tidur.

Hal tersebut hal tidak akan terjadi kalau tubuh tidak rileks seperti saat tidur. Maka, jika hal tersebut terganggu, tentu proses perbaikan sel akan tertunda dan hormon-hormon dalam tubuh tidak akan seimbang. Masalah pencernaan yang bisa terjadi antara lain sembelit hingga asam lambung.

3. Meningkatnya mood swing

Sulit tidur, hingga begadang, dan tetap harus bangun pagi untuk beraktivitas akan membuat mood berubah dengan cepat. Pagi hari saat bangun, perasaan kesal, marah, hingga cemas pasti bercampur aduk setelah tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Hal ini juga akan berkelanjutan hingga caramu bersikap, seperti mudah marah hingga tersinggung. Mood swing dapat memengaruhi kinerjamu juga, seperti jadi tidak efektif hingga pekerjaan tidak selesai.

4. Lebih mudah sakit

Sistem imun tubuh juga terpengaruh oleh efek begadang, terutama bagi wanita. Kamu jadi mudah sakit, apalagi ketika perubahan cuaca yang tidak menentu. Kamu juga semakin mudah tertular penyakit dari orang-orang sekitar.

Untuk mengatasi hal ini, tetap konsumsi makanan bergizi, pastikan olahraga ringan di rumah, minum vitamin, dan yang terpenting adalah tentukan waktu istirahat yang tepat.

5. Berkurangnya semangat untuk aktivitas

Mood yang jelek, mudah sakit, hingga masalah pencernaan akan menghalangimu untuk beraktivitas. Baik kuliah maupun kerja, pasti butuh semangat dan niat untuk menuntaskannya.

Jika ketiga hal tersebut terjadi, ditambah kurang tidur akibat begadang, maka kamu akan kesulitan menyelesaikan tugas tepat waktu, alhasil terus menundanya.

6. Kerutan pada kulit

Efek begadang bagi wanita lainnya adalah menurunnya produksi kolagen pada kulit. Hal tersebut menyebabkan hilangnya kelembapan dan kekenyalan kulit, hingga kulit kusam, kering, dan muncul kerutan, terutama pada wajah. Efek lainnya adalah mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata.

7. Tekanan darah tinggi

Tekanan darahmu juga dipercaya akan naik apabila kurang tidur. Darah tinggi terjadi akibat tekanan atau dorongan darah terhadap dinding arteri terlalu kuat. Tekanan darah yang tidak normal diakibatkan oleh jam tidur yang tidak konsisten.

Rutinitas tidur yang tepat akan membantu aliran darah dapat terjadi dengan baik. Tekanan darah juga terjadi akibat kurang olahraga hingga pola makan yang tidak sehat.

8. Diabetes

Metabolisme glukosa atau gula darah yang tidak teratur juga menjadi efek begadang bagi tubuh wanita. Studi nutrisi pada Januari 2022 menemukan bahwa efek tersebut dapat meningkatkan kemungkinan diabetes. Beberapa studi dan analisis kesehatan bahkan menyebut bahwa diabetes tersebut mungkin diabetes-2.

9. Sleep deprivation

Sleep deprivation adalah kondisi di mana kamu tidak mendapatkan jatah tidur yang berkualitas. Tidur tidak sekadar menutup mata dan beristirahat, tidur yang berkualitas adalah saat tubuh benar-benar rileks dan tidak mudah terganggu oleh gangguan apapun.

Sleep deprivation adalah efek jangka panjang dari begadang bagi wanita, sebab kamu jadi mudah terganggu oleh hal-hal kecil yang membuatmu terbangun. Kamu juga hanya tidur dalam kondisi yang sangat gelap dan tidak ada suara sama sekali.

Cara Menghindari Begadang karena Insomnia

Cara Menghindari Begadang karena Insomnia - freepik.jpg

Begadang akibat insomnia banyak terjadi, terutama pada para pekerja yang sibuk seharian. Perasaan belum punya waktu untuk diri sendiri mengakibatkanmu cemas dan tidak tenang, yang berujung insomnia dan begadang.

Maka untuk menghindarinya, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

  • Kontrol atau kurangi konsumsi kopi.
  • Coba power nap di tengah hari untuk mendapatkan waktu tidur tambahan.
  • Ubah pola makan, perbanyak sayuran dan protein agar tidak mudah begah.
  • Jangan membiasakan menggunakan smartphone sampai tertidur.
  • Bahkan, jika bisa 30 menit sebelum waktu tidur, jangan menggunakan smartphone lagi.
  • Rutin berolahraga, minimal 30-45 menit sehari.
  • Buat rutinitas sebelum tidur agar muncul perasaan puas.
  • Tentukan lingkaran sirkadian yang baru, misalnya tidur jam 11 malam, bangun jam 7 pagi.

Kesimpulan

Efek begadang bagi wanita yang dapat mengganggu kehidupan adalah kacaunya siklus menstruasi hingga mudah sakit. Untuk kamu yang aktif bekerja dan beraktivitas, maka segera lakukan cara-cara di atas untuk menghindari begadang.

Salah satu cara untuk membantumu mudah tidur adalah dengan berolahraga. Mulai dari latihan beban hingga ikut kelas yoga atau pound fit. Kamu bisa mengakses beragam hal tersebut dengan ikut program free trial FIT HUB!

Kamu juga bisa berkonsultasi tentang tujuan olahraga dengan membership consultant kami. Tertarik? Yuk, daftar program free trial di pusat kebugaran FIT HUB, sekarang juga!