10 Tips Memulai Hidup Sehat yang Harus Kamu Coba

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Mengetahui tips gaya hidup sehat adalah hal yang esensial untuk meningkatkan kualitas diri dan tentu juga dapat berdampak positif bagi orang-orang di sekitarmu.

Gaya hidup sehat adalah tentang bagaimana kamu memilih konsisten untuk terus menjaga kualitas kesehatan fisik dan mental agar tetap baik di hari-hari yang kamu jalani.

Jika kamu ingin memulai perjalanan untuk menjalani gaya hidup sehat, ada beberapa tips yang harus kamu ikuti agar kamu bisa meningkatkan kualitas hidupmu.

Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini!

10 Tips Memulai Hidup Sehat

10 Tips Memulai Hidup Sehat - freepik.jpg

Menjalani gaya hidup sehat yang berkelanjutan tentu membutuhkan pendekatan dan upaya yang matang. Ini dia 10 tips hidup sehat untuk kamu persiapkan.

1. Tentukan Target Kesehatanmu

Tips hidup sehat yang pertama adalah membuat target spesifik yang ingin dicapai. Kamu akan merasa lebih terdorong dengan adanya target sehingga kamu lebih fokus dan termotivasi untuk hidup sehat.

Identifikasi dan tentukan hal-hal apa saja yang ingin kamu raih dan tingkatkan. Contohnya, tingkat kebugaran fisik, pola makan, kesehatan mental, dan lain sebagainya.

Atur targetmu secara spesifik dan terstruktur, buat jadwal, dan usahakan untuk tetap konsisten mencapai target setiap harinya.

2. Rutin Berolahraga

Tentukan tipe aktivitas fisik yang cocok untukmu dan lakukan secara konsisten. Selalu aktif berolahraga sangat penting untuk menunjang kesehatanmu.

Maka dari itu, pilih tipe olahraga yang sesuai dengan target yang kamu tentukan. Sebagai contoh, kamu bisa melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik atau 75 menit aktivitas berat dalam seminggu.

Pada saat yang bersamaan, kamu bisa tambahkan dengan latihan penguatan otot setidaknya 2 kali tiap minggunya. Aktif secara fisik setiap hari sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh kamu agar tetap bugar.

3. Minum Cukup Air

Menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi sangatlah vital untuk menjagamu tetap sehat. Air memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuhmu.

Salah satu manfaat air termasuk membawa nutrisi ke sel, membuang zat limbah, melindungi sendi, dan organ serta menjaga suhu tubuh.

Konsumsi air yang direkomendasikan adalah 15.5 gelas atau 3.7 liter per hari untuk laki-laki, dan 11.5 gelas atau 2.7 liter untuk perempuan.

Sebagai catatan, faktor lingkungan seperti temperatur udara, seberapa intens kamu beraktivitas fisik, dan kondisi-kondisi kesehatan tertentu juga turut menentukan seberapa banyak air yang perlu kamu konsumsi.

4. Tidur yang Cukup

Tips hidup sehat selanjutnya adalah tidur yang cukup. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur yang cukup setiap harinya, yakni 7-9 jam per hari.

Perlu ditekankan bahwa tidur yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga fisik dan mental agar tetap sehat.

Selain itu, untuk menunjang kualitas tidur yang baik, tetapkan jadwal tidur yang teratur. Maka dari itu, hindarilah begadang jika tidak dalam kondisi yang darurat.

Pastikan juga untuk menciptakan lingkungan tidur yang tenang dan nyaman dengan sirkulasi udara yang baik.

5. Jaga Kebersihan Tubuh

Menjaga tubuh agar tetap bersih atau higienis adalah faktor yang menjadi bagian penting dari kebiasaan hidup sehat.

Selain tubuh menjadi bau jika kamu jarang mandi, tubuh yang bersih akan mencegah penyebaran kuman dan infeksi sebagai sumber penyakit.

Tidak hanya mandi secara teratur, kamu juga perlu selalu menjaga kebersihan tubuh secara menyeluruh. Jangan lupakan hal-hal kecil seperti cuci tangan sebelum dan sesudah makan, potong kuku, dan bilas muka setelah beraktivitas.

Jadi, jangan malas-malas mandi ya!

6. Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental dan fisik merupakan dua hal yang berkorelasi. Memiliki kondisi mental yang baik punya dampak positif bagi kesehatan fisikmu.

Maka dari itu, hindari hal-hal yang bisa memicu bad mood atau stres. Kamu juga bisa mengalihkan rasa stres tersebut dengan banyak istirahat seperti tidur atau berolahraga.

Jika kamu ingin melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa mengurangi rasa stres, kamu bisa mencoba beberapa latihan memanajemen mental seperti meditasi, yoga, dan spa.

Selain itu, jangan pernah ragu untuk berbicara kepada konseling atau terapis jika memang diperlukan.

7. Makan Makanan Bergizi

Tips hidup sehat yang wajib kamu lakukan adalah mulai mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Makanan yang kamu santap tentu merupakan kunci utama untuk mencapai gaya hidup sehat.

Pemilihan makanan yang tepat akan membantu tubuhmu mendapatkan gizi yang diperlukan bagi tubuh agar tetap berfungsi normal. Hindari makanan-makanan siap saji seperti gorengan yang mengandung banyak lemak jahat.

Perbanyak konsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan, protein dari daging, seafood dan biji-bijian.

Selain itu, kamu juga bisa menyertakan penggunaan minyak sehat dalam makanan seperti minyak organik berbahan dasar sayur, zaitun, atau kacang-kacangan.

8. Batasi Konsumsi Alkohol dan Berhenti Merokok

Memulai gaya hidup sehat tentu bagi sebagian orang bukanlah sesuatu yang mudah. Kamu dituntut untuk mengubah dan meninggalkan kebiasan-kebiasaan buruk yang kamu lakukan.

Konsumsi alkohol dan merokok adalah contoh dari kebiasaan yang bisa menghambat kamu untuk memulai hidup sehat. Maka, sebaiknya kamu mengurangi atau berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

Meskipun begitu, mengubah kebiasaan tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil, kurangi konsumsi alkohol dan rokok secara berkala jika kamu merasa terlalu berat untuk ditinggalkan.

Cari alternatif lain yang dirasa bisa menggantikan efek kecanduan, lakukan aktivitas positif sebagai distraksi, dan bila perlu minta bantuan kepada ahli.

9. Bangun Relasi Sosial yang Positif

Menjaga hubungan sosial yang kuat dan positif dengan teman, keluarga, dan orang-orang di sekitar, bisa kamu lakukan untuk mendukung kesejahteraan fisik dan emosional.

Luangkan waktu untuk bersosialisasi, seperti liburan, makan bersama, atau jalan-jalan akan membantu menguatkan hubungan sosialmu.

Adanya dukungan sosial memiliki peran penting untuk menjaga kualitas waktumu tetap produktif dan sehat.

Jadi, yuk keluar dari kamar dan sapa orang-orang di sekitarmu!

10. Lakukan Cek Kesehatan Secara Berkala

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, tips hidup sehat terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan cek kesehatan secara rutin.

Tubuh yang terlihat sehat bukan berarti akan menghilangkan risiko tubuh bebas dari penyakit, itulah mengapa melakukan cek kesehatan secara berkala sangat penting.

Selain itu, mengetahui status kesehatan secara berkala juga dapat menjadi pedoman rencana dan evaluasi pencapaian kamu.

Frekuensi melakukan check up juga tergantung dari status kesehatan kamu. Dilansir dari Healthline, dianjurkan setidaknya 3 tahun sekali melakukan cek kesehatan untuk usia di bawah 50 tahun, dan setahun sekali untuk usia 50 tahun atau lebih.

Kesimpulan

Itulah 10 tips hidup sehat yang bisa kamu mulai dari sekarang. Langkah kecil yang kamu lakukan setiap hari akan membawa perubahan besar pada kualitas hidupmu, begitu pula dengan memulai gaya hidup sehat.

Yuk, mulai hidup sehatmu dari sekarang! Lakukan kegiatan-kegiatan positif seperti tidur yang cukup hingga berolahraga secara rutin.

Jika kamu mencari support system untuk olahraga secara rutin, FIT HUB bisa menjadi solusinya! Personal trainer di FIT HUB telah memiliki banyak pengalaman dalam membantu orang-orang mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat.

Ada juga varian kelas seperti senam dan yoga yang bisa kamu ikuti, lho! Tunggu apa lagi? Gabung jadi member FIT HUB sekarang!