Catat! Ini Cara Melakukan Handstand yang Aman untuk Pemula

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Handstand termasuk bentuk latihan fisik yang terlihat cukup menantang. Untuk bisa melakukannya, tentu diperlukan kondisi fisik yang baik dan memperhitungkan teknik yang tepat. Lalu, bagaimana cara melakukan handstand yang baik dan benar?

Buat kamu yang masih bingung cara melakukan handstand yang aman bagi pemula, simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerakan Handstand?

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerakan Handstan - freepik.jpg

Handstand merupakan suatu gerakan di mana tubuh kamu akan berada pada posisi terbalik. Dalam posisi tersebut, tangan kamu akan menjadi tumpuan yang berfungsi sebagai penopang keseluruhan badan.

Secara sederhana, gerakan handstand berarti membalikkan badan kamu agar kepala berada di bawah dan kaki berada di atas. Selama posisi tubuh terbalik, kamu dituntut untuk menyeimbangkan badan dalam periode waktu tertentu.

Penjelasan di atas menjadi alasan mengapa kekuatan, ketahanan, dan keseimbangan fisik kamu sangatlah penting sebagai aspek esensial keberhasilan dalam melakukan handstand.

Manfaat Melakukan Handstand

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari menerapkan cara melakukan handstand yang benar. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Memperkuat Fisik

Salah satu manfaat dengan menerapkan cara melakukan handstand yang benar adalah ketahan fisik yang lebih prima.

Menurut situs Healthline, handstand dapat membantumu meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot bahu, lengan, punggung, dan inti.

2. Melatih Kesimbangan dan Koordinasi Tubuh

keseimbangan tubuh - freepik.jpg

Melakukan gerakan handstand secara rutin dapat membantu meningkatkan kemampuan propriosepsi.

Selain itu, mempertahankan posisi handstand juga membuat otot perut, punggung bawah, bahu, dan lengan agar bekerja sama untuk menjaga tubuh tetap sejajar dan stabil.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Jika kamu memiliki postur tubuh yang bungkuk, melakukan handstand dengan benar akan membantu memperbaiki postur tubuhmu.

Handstand berfungsi untuk memperkuat otot-otot tertentu yang mendukung postur tubuh menjadi lebih baik. Jadi, tubuhmu akan menjadi lebih tegap dan tidak bungkuk lagi.

4. Membantu Fungsi Pencernaan

Apabila kamu memiliki masalah pencernaan, rupanya handstand bisa menjadi salah satu latihan yang bisa kamu coba.

Membalikkan tubuh kamu akan membantu menstimulasi organ pencernaan yang pada gilirannya akan berdampak pada pencernaan yang lebih baik.

5. Memperlancar Sirkulasi Darah dalam Tubuh

Banyak kegiatan olahraga seperti yoga yang menggunakan posisi handstand. Hal tersebut bukan karena tanpa alasan.

Posisi handstand dapat memastikan peningkatan aliran darah ke otak dengan bantuan tekanan gravitasi. Sehingga, sirkulasi darah dalam tubuhmu akan menjadi lebih lancar.

6. Menguatkan Tulang

Menguatkan Tulang - freepik.jpg

Latihan ketahanan yang dilakukan selama proses handstand ternyata bisa memperkuat tulang kamu, lho! Beban yang yang dirasakan oleh otot dan tulang akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk membantu meletakkan komponen pembentuk struktur tulang.

Beberapa komponen termasuk seluler dan mineral yang punya peran penting untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Tips Persiapan Sebelum Melakukan Handstand

Nah, ada beberapa aspek yang juga perlu kamu perhatikan sebelum melakukan handstand. Berikut adalah beberapa tips yang harus kamu persiapkan sebelum mengetahui cara melakukan handstand yang aman bagi pemula:

1.Peralatan dan Lingkungan

Untuk meminimalisasi terjadinya cedera, pastikan bahwa kamu melakukan handstand di atas permukaan yang rata dan empuk. Pilihlah area terbuka dan lengang supaya lebih leluasa.

Penggunaan matras gym atau area berumput sangat ideal untuk melindungi tubuh kamu saat berbenturan dengan permukaan latihan. Cari spot tembok yang kuat untuk membantumu.

2. Pemanasan

Sebelum melakukan handstand, sangat dianjurkan buat kamu untuk melakukan pemanasan singkat. Pemanasan diperlukan untuk mengurangi rasa tegang pada tubuh.

Hal ini bisa meningkatkan elastisitas otot dan membuatnya menjadi mudah berkontraksi dan rileks. Lakukan pemanasan yang berfokus pada bagian-bagian tubuh seperti bahu, pergelangan tangan, lengan, dan otot inti untuk membantu meningkatkan performa secara lebih optimal.

Cara Melakukan Handstand yang Aman untuk Pemula

Kami sudah rangkum nih bagaimana cara yang aman melakukan handstand terutama bagi yang masih pemula. Berikut ini di antaranya:

1. Langkah pertama: awali dengan posisi plank membelakangi dinding

Ambil posisi awal kamu membelakangi dinding. Lakukan gerakan plank dengan menggunakan telapak tangan sebagai tumpuan badan bagian depan.

Pastikan kamu berada dekat dengan dinding, tempelkan telapak kaki pada dinding dan pertahankan posisi badan lurus.

2. Langkah kedua: menggerakkan kaki ke atas dinding

Mulailah untuk berjalan secara vertikal dengan menggerakkan kaki kamu untuk menaiki dinding, lakukan dengan perlahan. Pada saat yang sama, gerakkan juga tangan mendekat ke arah dinding supaya tubuh menjadi lebih vertikal.

Pastikan untuk menekankan lebih banyak beban ke tangan kamu. Jika lengan dirasa cukup kuat untuk menahan beban, terus berjalan ke atas dinding dan kuatkan lengan, bahu, dada, serta otot inti saat kamu melakukannya.

Ingat juga untuk memposisikan kepala tepat berada di tengah-tengah bahu. Jangan terlalu mencondongkannya terlalu ke belakang untuk menghindari ketidakseimbangan.

3. Langkah ketiga: mulai posisikan tubuh menjadi lebih lurus dan vertikal

Angkat kaki dan lurusukan posisi tulang belakang menjadi lebih vertikal. Jadikan jari-jari kaki sebagai sandaran pada dinding.

Mulai lepaskan salah satu kaki dan rentangkan ke atas, atur keseimbangan tubuh dengan bantuan kaki yang masih bersandar pada dinding.

Kamu bisa menggerakkan tangan jika memang perlu untuk memperbaiki keseimbangan. Jaga lengan tetap lurus dan pastikan berat badan kamu terpusat pada telapak tangan.

4. Langkah keempat : kaki terlepas dari dinding dan menjaga badan tegak lurus

Setelah dirasa nyaman dengan posisi satu kaki yang terlepas dari dinding, bersiap untuk langkah terakhir. Gunakan salah satu kaki kamu untuk mulai melepaskan sandaran terhadap dinding secara perlahan.

Mulai usahakan untuk menyeimbangkan badan di atas tangan kamu. Pada tahap ini, tubuh kamu mulai harus berada dalam garis lurus dan vertikal, rentangkan kedua kaki hingga jari-jari membentuk posisi lancip.

Kamu juga bisa menekuk jari-jari jika dirasa itu bisa membantu menyimbangkan tubuh. Posisikan bahu dalam keadaan tegak dan kepala lurus, jaga posisi kaki untuk tetap lurus dan seimbangkan tubuh kamu dengan menguatkan otot inti.

Kesimpulan

Untuk dapat menguasai gerakan handstand, diperlukan waktu, kesabaran, dan latihan yang konsisten. Termasuk juga penting untuk mengetahui cara melakukan handstand yang aman dan tepat. Jika kamu ingin mempertajam kemampuanmu dalam handstand dan beragam gerakan workout lainnya, FIT HUB bisa menjadi solusi yang tepat untukmu. Di FIT HUB, kamu akan mendapatkan berbagai jenis pelatihan kelas olahraga yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi kamu. Plus, kamu akan dapat personal trainer juga, lho! Jangan sampai melewatkan kesempatan free trial dari FIT HUB! Jadi, buruan daftar sekarang!